Tahapan Belajar Bahasa Inggris agar Cepat Mahir - Englishnesia
Tahapan Belajar Bahasa Inggris agar Cepat Mahir

Tahapan Belajar Bahasa Inggris agar Cepat Mahir

Ferry Dermawan
Ferry Dermawan
30 Oktober 2023

Proses belajar bahasa Inggris membutuhkan beberapa tahapan yang dapat membantu mempercepat kemahiran. Dari dasar hingga tingkat lanjutan, artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang efektif untuk mempelajari bahasa Inggris dengan lebih cepat, termasuk strategi, praktik, dan sumber daya yang mendukung.

Belajar bahasa bukanlah perkara mudah, padahal menguasai bahasa Inggris adalah suatu keharusan di zaman sekarang. Pentingnya kemampuan bahasa Inggris membuat kursus bahasa Inggris bersertifikat semakin diminati, khususnya yang menyediakan fasilitas online.

Banyak tempat kursus bahasa Inggris yang bisa kita jumpai, baik secara offline maupun online. Sebelum memilih tempat kursus, pastikan untuk mempertimbangkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran, termasuk tahapan belajar bahasa Inggris.

Tahapan Belajar Bahasa Inggris agar Cepat Mahir

Terdapat tahapan seseorang untuk dapat mahir berbahasa inggris. Mau tahu apa sajakah itu? Ini dia penjelasannya.

  1. Pre-Production Tahapan pertama ini sering disebut sebagai silent period di mana para siswa cenderung lebih pasif karena memiliki keterbatasan dalam kosakata dan tidak terlalu banyak bicara. Tahap ini bertujuan untuk mengenalkan bahasa Inggris agar siswa lebih familiar dengan bahasa Inggris.

  2. Early Production Tahap selanjutnya, siswa sudah familiar dan memiliki kosakata lebih banyak sehingga mampu mengembangkan frasa sederhana. Pertanyaan sederhana dengan jawaban yes/ no menjadi salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris.

  3. Speech Emergence Tahap selanjutnya, kemampuan bahasa Inggris siswa biasanya akan meningkat dengan kosakata mencapai 3.000 kata. Kursus bahasa Inggris bersertifikat biasanya memancing siswa dengan pertanyaan why, how atau lainnya yang meminta penjelasan lebih panjang.

  4. Intermediate Fluency Peningkatan kemampuan bahasa Inggris semakin pesat pada tahapan ini, bahkan kosakata bisa mencapai 6.000 kata. Siswa lebih fasih dalam berbicara bahasa Inggris sehingga lebih aktif dan percaya diri dalam menjelaskan sesuatu menggunakan bahasa Inggris.

  5. Advanced Fluency Siswa yang sudah mencapai tahap belajar bahasa Inggris ini sudah memiliki kemampuan yang mahir dalam berbagai aspek, mulai dari grammar, reading, listening, writing dan speaking sehingga kosakata yang dimiliki sudah cukup untuk menjadi native speaker. Tahapan bahasa Inggris tersebut harus dilalui tahap demi tahap melalui proses pembelajaran yang tidak mudah, tapi akan menjadi mudah jika Anda ikut kursus bahasa Inggris.

Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris hingga mahir, percayakan saja pada Englishnesia. Kami menyediakan kursus bahasa Inggris bersertifikat dengan level belajar yang bisa disesuaikan kemampuan. Yuk daftar diri Anda sekarang juga!