Pronoun atau Kata ganti dalam Bahasa Inggris : Pengertian lengkap, Jenis-jenis, dan contoh soal - Englishnesia
Pronoun atau Kata ganti dalam Bahasa Inggris : Pengertian lengkap, Jenis-jenis, dan contoh soal

Pronoun atau Kata ganti dalam Bahasa Inggris : Pengertian lengkap, Jenis-jenis, dan contoh soal

Suci Oktaviana
Suci Oktaviana
2 Maret 2024

Jelajahi pengertian, jenis, dan contoh pronoun dalam Bahasa Inggris. Artikel ini bantu kamu memahami peran pronoun untuk bangun kalimat efektif dan jelas.

Yang bener itu ‘You and me’ atau ‘You and I’ ya?

Loh bukannya sama aja?

Enggak dong!

Hi, Englishnesian!

Sekarang, mari kita bahas sesuatu yang seru: pronoun dalam bahasa Inggris! Jadi, ceritanya, pronoun ini kayak teman setia kita dalam membangun kalimat bahasa inggris agar lebih mudah dan singkat.

Dalam artikel ini, kita akan sederhanakan konsepnya supaya lebih gampang dimengerti. Kita akan bahas mulai dari apa itu pronoun, jenis-jenisnya, sampai contoh-contohnya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Nggak peduli level kemampuan bahasa Inggrismu, kita akan bikin ini seru dan mudah dimengerti. Jadi, bersiap-siaplah untuk jalan-jalan bareng pronoun!

Ayo kita mulai pembahasannya!

APA ITU PRONOUN?

Pronoun, seperti namanya, adalah kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda, orang, tempat, atau hal lain dalam kalimat bahasa Inggris untuk menghindari pengulangan kata yang sama. Ini seperti menggantikan nama dengan kata lain yang lebih sederhan. Dalam bahasa Inggris sehari-hari, kita sering menggunakan tujuh kata ganti yang dikenal sebagai personal pronoun: I, You, They, We, He, She, dan It.

Misalnya, ketika kita bicara tentang diri kita sendiri, kita menggunakan 'I', dan ketika kita bicara tentang orang lain, kita bisa saja menggunakan 'he' atau 'she'. Nah, perbedaan inilah yang akan kita bahas, kapan she digunakan? Atau kapan he, atau subjek lainnya? Nah, coba simak contoh dibawah.

Daripada menggunakan kalimat ini:

  • Alex is in the park. Alex walks with Ana. (Alex sedang ditaman. Alex berjalan bersama Ana)

Akan lebih baik kita menggunakan :

  • Alex is in the park. He walks with Ana. (Alex sedang ditaman. Dia berjalan bersama Ana)

Bagaimana? Udah lebih ngerti dong penggunaan pronoun yang benar!

Karena kita sudah belajar apa itu pronoun dan sekilas contohnya, sekarang kita bahas jenis-jenisnya, yuk!

JENIS-JENIS PRONOUN DALAM BAHASA INGRIS

Dibagian ini, kita akan membahas jenis-jenis pronoun. Pada dasarnya pronoun dibagi menjadi 5 jenis, antara lain: Subject Pronoun, Object Pronoun, Possessive Adjective, Possessive Pronoun, dan Reflexive pronoun.

1. SUBJECT PRONOUN

Subject pronoun adalah kata ganti orang paling dasar dalam pembahasan ini, sesuai Namanya, subject pronoun menjadi subject dalam sebuah kalimat. Karena menjadi unsur paling penting sebagai subject, oleh karena itu subject pronoun tidak boleh sembarang diletakkan dalam sebuah kalimat.

Berikut subject pronoun beserta contohnya :

Contoh Subject Pronoun

2. OBJECT PRONOUN

Object pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menggantikan objek dalam sebuah kalimat, objek tersebut bisa berbentuk manusia, hewan, maupun benda. Apa saja jenis object pronoun dan contohnya?

Yuk cek di tabel ini.

Contoh Object Pronoun

3. REFLEXIVE PRONOUN

Reflexive pronoun merupakan kata ganti orang yang digunakan ketika menemui suatu kalimat yang subjek dan objeknya sama, hal ini bisa terjadi jika sesuatu itu dilakukan dari dirinya sendiri. Untuk lebih jelasnya, lihat contohnya dibawah ini yaa

Contoh Reflexive Pronoun

4. POSSESIVE ADJECTIVE

Mungkin belum banyak yang tau jika sebenarnya possessive adjective atau kata kepunyaan dalam bentuk sifat ini bukanlah kata ganti, namun untuk menjadi pengantar kita sebelum mempelajari kata ganti kepunyaan yang sesungguhnya, penting untuk kita mengetahui terlebih dahulu kata kata ganti ini. Possesive biasanya digunakan Bersama dengan noun atau kata benda.

Possesive Adjective Pronoun

5. POSSESIVE PRONOUN

Possesive pronoun ini memang hampir mirip dengan possessive adjective diatas, namun untuk possessive pronoun tidak bisa diikuti dengan noun atau kata benda. Possesive pronoun digunakan sebagai kata ganti untuk menyatakan suatu kepemilikan atau kepunyaan seseorang atau sebuah kelompok.

Contoh Possesive Pronoun

Nah, setelah penjelasan lengkap mengenai Pengertian kata ganti (Pronoun) dan jenis beserta contoh lengkapnya, berikut rangkuman semua pronoun dalam Bahasa Inggris

Rangkuman Pronoun Dalam Bahasa Inggris

CONTOH SOAL

  1. _____ loves to read novels in her free time. A. she B. her C. it D. they

  2. Can you help _____ with this package? A. I B. me C. my D. mine

  3. Is that _____ car parked outside? A. your B. yours C. you D. you're

  4. We must protect _____ from harm. A. ourselves B. our C. us D. we

  5. The teacher asked _____ to finish the assignment. A. we B. us C. our D. ours

  6. She made this cake _____. A. herself B. her C. she D. hers

  7. Those books are _____. A. our B. mine C. her D. myself

  8. This was _____ mistake. I did it _____. A. mine; myself B. my; myself C. my; ourselves D. mine; ourselves

  9. The CEO _____ of promised to address the issue. A. himself B. himself's C. hisself D. him

  10. The opinions expressed in this article are entirely _____. A. our B. ours C. us D. we

KUNCI JAWABAN

  1. A. she
  2. B. me
  3. A. your
  4. A. ourselves
  5. B. us
  6. A. herself
  7. B. mine
  8. B. my; myself
  9. A. himself
  10. B. ours

Jadi, penggunaan pronoun dalam bahasa Inggris adalah kunci untuk menghindari pengulangan kata dan membuat kalimat menjadi lebih ringkas dan efisien. Dengan memahami konsep ini, kita dapat lebih lancar dalam berkomunikasi dan menulis dalam bahasa Inggris. Jangan ragu untuk terus berlatih dan menggali lebih dalam tentang penggunaan pronoun ini, karena hal ini akan memperkaya kemampuan bahasa Inggris kita secara keseluruhan. See you, guys!