Perbedaan A, an, dan The (Cara penggunaan dan Contoh)

thumbnail

Hi Englishnesian! Kamu udah tau belum kalau dalam bahasa inggris terdapat 2 macam artikel? Eits, jangan salah ya maksud artikel disini bukan artikel karya tulis tapi artikel dalam konteks ini adalah bagian dari adjective (kata sifat) yang memiliki fungsi menerangkan sebuah noun (kata benda).  Nah, artikel tersebut adalah “A/An” dan “The”.

Penggunaan kedua artikel tersebut pastinya ada aturan-aturannya. Pada artikel kali ini aku mau menjelaskan ke kamu cara menggunakan artikel-artikel tersebut dengan tepat. Yuk, simak tulisan berikut ini!

Cara menggunakan “A” dan “An”

Untuk penggunaan “A” dan “An” sangat mudah, loh. “A” dan “An” digunakan untuk Singular Noun (kata benda tunggal) dan tidak bisa diikuti dengan Uncountable noun (kata benda yang tidak dapat dihitung) seperti; Air, Water, Sugar, dll. Untuk lebih mudah memahaminya, kedua kata “A” dan “An” jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti sebuah/seekor/seorang/ sesuatu. Yang membedakan penggunaan A dan An terletak pada awalan huruf kata bendanya.

  • “A” digunakan sebelum kata benda yang berawalan huruf konsonan. Contoh; A bike, A Cat, A Person.
  • “An” digunakan jika berhadapan dengan kata berawalan huruf vokal. Contoh: An Elephant, An Apple, An Enemy.

Namun,ada hal yang perlu kamu ingat dan catat nih, Englishnesian. Dalam bahasa inggris, tidak semua benda yang berawalan konsonan diucapkannya sama seperti huruf konsonannya karena dalam kasus tertentu ada kata yang terdengar seperti huruf vokal walau awalannya bukan menggunakan huruf vokal. Contoh kata tersebut seperti; An Hour. Kata hour sendiri dibacanya (au ·ur ). Maka dari itu penggunaan artikel yang tepat untuk kata itu adalah “An”.

Contoh lain yaitu University, Kata University sendiri dibacanya (​​yoo·nuh·vur·suh·tee). Maka dari itu penggunaan artikel yang tepat untuk kata tersebut adalah “A University.”

Cara menggunakan “The”

Sekarang lanjut ke pembahasan mengenai penggunaan “The”.  Artikel “The” digunakan untuk baik Singular Noun (kata benda tunggal) maupun Plural Noun (Kata benda jamak) yang dapat terhitung atau Countable. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata “The” memiliki arti “Yang itu” atau “Tersebut.”

Contoh:

  1. The Trees
  2. The City
  3. The Plate

Perbedaan antara “A/An” dan “The”

Karena sudah paham penggunaan dari masing-masing artikel, sekarang kita masuk ke inti dari perbedaan antara “A/An” dan “The”.

  • “A/An” merupakan Indefinite Article
  • “The” merupakan Definite Article

Waduh, apa tuh Indefinite dan Definite Article? Coba perhatikan contoh kalimat berikut ini dulu:

  • I met a guy at a coffee shop today. The guy was actually the owner of the coffee shop.

(Aku ketemu seorang pria di kedai kopi hari ini. Pria tersebut ternyata pemilik dari kedai kopi itu)

Gimana, bisa pahami bedanya?

Coba abaikan dulu kalimat kedua dan perhatikan kalimat pertama, apakah kamu tau pria yang aku maksud siapa? Pasti tidak kan karena aku memberikan sebuah informasi baru ke kamu yang belum jelas, maka dari itu kalimat pertama merupakan indefinite article dan harus menggunakan “A/An”. Nah, di kalimat kedua pastinya kamu sudah tau kan pria mana yang kumaksud maka dari itu kalimat kedua dikategorikan sebagai definite article dan menggunakan “The”.

TIP! Cara mudah untuk mengetahui definite dan indefinite article: kalian cukup menerjemahkan ke bahasa indonesia saja. Balik lagi ke yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai terjemahan dari masing-masing “A/An” dan “The”. Bisa kamu lihat di terjemahan contoh kalimat diatas, kalimat pertama menggunakan “seorang” yang mana dalam bahasa inggris artinya “A/An”, sedangkan kalimat kedua menggunakan “tersebut” yang dalam bahasa inggris artinya adalah “The”.

Hore! Selamat kamu berhasil memahami penggunaan sebuah artikel dengan baik dan benar. Sekarang coba latihan yuk!

  1. There was __ huge bug in my room
  2. Isn’t she beautiful? She was __ idol in her youth.
  3. __ boy was playing soccer and broke the window.

Akhirnya… apakah kamu sudah lebih paham tentang perbedaan dan cara penggunaan beserta contohnya dari a, an, dan the?

Yupss, untuk materi lebih lengkapnya dan materi Grammar lainnya, Kamu bisa bergabung bersama Englishnesia, Kursus bahasa Inggris  yang diajarkan dari 0 banget secara terstruktur dengan harga yang terjangkau!