Pengertian Kata Ganti (Pronoun): Jenis Dan Contoh Lengkapnya - Englishnesia
Pengertian Kata Ganti (Pronoun): Jenis Dan Contoh Lengkapnya

Pengertian Kata Ganti (Pronoun): Jenis Dan Contoh Lengkapnya

Ferry Dermawan
Ferry Dermawan
30 Oktober 2023

Artikel ini menjelaskan pengertian kata ganti (pronoun), jenis-jenisnya, serta menyajikan contoh lengkapnya. Dapatkan pemahaman mendalam tentang peran dan variasi kata ganti dalam bahasa Indonesia.

Hallo, Englishnesian!

Materi kali ini, Englishnesia mau bahas materi tentang Pronoun. Materi tentang Pronoun ini masuk kedalam kategori Part of Speech yang sering sekali kita temui di buku pelajaran. Kenapa memakai pronoun, sih? Jadi tujuan adanya pronoun ini agar kita tidak mengulang dalam penyebutan benda yang sama berkali-kali, jadi akan didapat kalimat yang efektif. Tapi udah seberapa paham kalian sama pronoun ini? Apa yang diterangkan guru disekolah udah cukup?

Nih, simak pembahasan dari Englishnesia tentang Pengertian kata granti (Pronoun) serta jenis dan contoh lengkapnya berikut ini.

PENGERTIAN PRONOUN (KATA GANTI) Pronoun atau kata ganti memiliki pengertian sesuai Namanya, yaitu berfungsi menggantikan kata benda atau noun, orang atau nama orang, suatu tempat dan juga sejenisnya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Dalam Bahasa inggris sendiri ada 7 kata ganti yang bisa dikembangkan lagi menjadi lebih banyak. Namun, untuk bentuk dasarnya ada 7 pronoun ini. Apa saja itu?

Ketujuh pronoun itu ialah I, You, They, We, He, She, dan It atau kerap kita temui sebagai personal pronoun. Bagaimana contoh mudahnya?

Daripada menggunakan kalimat begini:

Tasya is in home. Tasya sleeps with tasya’s doll.

(Tasya sedang dirumah. Tasya tidur bersama dengan boneka tasya)

Akan lebih baik kita menggunakan :

Tasya is in home. She sleeps with her doll.

(Tasya sedang dirumah. Dia tidur bersama bonekanya)

Sudah jelas bukan mengapa pronoun dibutuhkan? Sekarang, bagaimana kita membagi pronoun akan dijelaskan dalam pembahasan dibawah ini, simak baik-baik ya.

JENIS-JENIS PRONOUN DALAM BAHASA INGRIS Selanjutnya, kita akan membahas pembagian pronoun. Pronoun dibagi menjadi 5 jenis, antara lain: Subject Pronoun, Object Pronoun, Possesive Adjective, Possesive Pronoun, dan Reflexive pronoun. Simak penjelasan berikut.

SUBJECT PRONOUN Subject pronoun adalah kata ganti orang paling dasar dalam pembahasan ini, sesuai Namanya, subject pronoun menjadi subject dalam sebuah kalimat. Karena menjadi unsur paling penting sebagai subject, oleh karena itu subject pronoun tidak boleh sembarang diletakkan dalam sebuah kalimat. Lalu apa saja subject pronoun itu?

Berikut Englishnesia masukkan table agar lebih mudah dipahami ya.

Gambar-1

OBJECT PRONOUN Sesuai Namanya, object pronoun merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menggantikan objek dalam sebuah kalimat, objek tersebut bisa berupa manusia, hewan, maupun benda. Apa saja object prnoun ini dalam Bahasa inggris?

Berikut Englishnesia rangkum dalam tabel ya.

Gambar-2

REFLEXIVE PRONOUN Reflexive pronoun merupakan kata ganti orang yang bisa digunakan ketika menemui suatu kalimat yang subjek dan objeknya sama, hal ini bisa terjadi jika sesuatu itu dilakukan terhadap dirinya sendiri. Biar makin jelas, Englishnesia bahas lewat table ya.

Gambar-3

POSSESIVE ADJECTIVE Mungkin belum banyak yang tau jika sebenarnya possessive adjective atau kata kepunyaan dalam bentuk sifat ini bukanlah kata ganti, namun untuk menjadi pengantar kita sebelum mempelajari kata ganti kepunyaan yang sesungguhnya, penting untuk kita mengetahui terlebih dahulu kata kata ganti ini. Possesive biasanya digunakan Bersama dengan noun atau kata benda. Sebagai gambaran, sudah Englishnesia siapin table untuk pembelajaran agar lebih mudah ya.

Gambar-4

POSSESIVE PRONOUN Possesive pronoun ini memang hamper mirip dengan possessive adjective diatas, namun untuk possessive pronoun tidak bisa diikuti dengan noun atau kata benda. Possesive pronoun digunakan sebagai kata ganti untuk menyatakan suatu kepemilikan atau kepunyaan seseorang atau sebuah kelompok.

Gambar-5

Nah, jadi begitu penjelasan lengkap mengenai Pengertian kata ganti (Pronoun) dan jenis beserta contoh lengkapnya. Tapi biar makin gampang membedakannya, Englishnesia sudah merangkum semua pronoun tersebut kedalam table dibawah ini

Gambar-6

Kalau kamu mau belajar lebih banyak lagi bahasa inggris seperti ini atau materi yang jauh lebih lengkap lainnya, udah pasti tempatnya ke Englishnesia!

Tempat Kursus Online Bahasa Inggris mulai dari 0 banget! Yuk daftar sekarang!