Countable Noun Dan Uncountable Noun Pengertian, Jenis Dan  Contoh Lengkap

thumbnail

Hi, Englishnesian!

Sesuai judulnya, kita bakal bahas tentang noun nih kali ini. Apa sih noun itu? Noun adalah kata benda ya, ya misalnya englishnesian, mimin, handphone, dan masih banyak lagi ya. Lebih spesifiknya, kita bakal bahas Countable noun dan uncountable noun pengertian, jenis, contoh lengkap. Sebelumnya, perkenalan dulu yuk.

Singkatnya, countable noun adalah benda-benda yang masuk kategori dapat kita hitung, sedangkan uncountable noun adalah benda-benda yang masuk kategori tidak dapat kita hitung. Tapi ini kan baru singkatnya, yuk kita bahas lengkapnya tantang Countable noun dan uncountable noun pengertian, jenis, contoh lengkapnya dibawah.

A. COUNTABLE NOUN

Countable noun merupakan benda yang dapat dihitung. Contohnya, kita bisa menghitung berapa buku yang kita punya, bisa menghirung berapa roti yang ada dalam satu kemasan, berapa pensil yang kita simpan di kotak pensil, dan lainnya. Nah, udah tau belum kalau countable ini bakal dibagi menjadi 2 bagian loh. Apa aja nih..

a. Singular Noun

Singular disini artinya benda tunggal. Contohnya satu orang (one person), satu botol (one bottle), dan lainnya. Bukan Cuma itu, singular noun juga bisa dinyatakan dengan artikel A/AN, contohnya satu apple (an apple) dan satu bunga (a flower).

b. Plural Noun

Jika singular adlaah benda tunggal, maka plural merupakan benda jamak. Contohnya dua gelas (two glasses), tiga anak kucing (three kittens), dan seterusnya. Tapi apa semua benda jamak tinggal ditambah “s/es” aja? Tentu enggak ya, englishnesia kasih beberapa contoh penggunaan plural noun ya.

Beraturan / regular

Sebagian besar singular (tunggal) yang membentuk plural (jamak) ditambah akhiran –s (cats, houses, pencils).

Kata berakhiran s, x, z, ch, sh ditambah –es (boxes, wishes, buses)

Sebagian kata berakhiran –y ditambah –ies (babies, cities, pennies)

Tidak beraturan / irregular

Berakhiran –f atau –fe maka f diubah jadi -v dan dtiambah –es (wives, wolves, leaves)

Berbeda bentuk dengan kata awal (woman-women, child-children, tooth-teeth, mouse-mice)

Bentuk jamak dan tunggalnya sama (fish, sheep, deer, species)

B. UNCOUNTABLE NOUN

Sesuai namanya, kalau countable noun adalah benda yang dapat dihitung, maka uncountable noun adalah kategori benda yang tidak dapat dihitung. Jika ountable noun mempunyai bentuk plural dan singular, maka uncountable noun hanya mempunyai satu bentuk saja sebagai penananda. Contohnya, misalkan kamu ingin memesan air, maka tidask usah bingung memesan a water atau two water, karena tidak ada two, three water dalam uncountable nnoun. Lalu bagaimana? Cukup tambahkan quantifiers dalam dalam kata tersebut, misal a bootle of water atau a glass of water. Contoh lainnya misal milk, rice, money, air, dan lainnya termasuk daslam benda abstrak seperti idea, information, love, dan concept.

Sama seperti penjelasan countable noun sebelumnya, uncountable noun juga mempunyai beberapa jenis, apa saja? Simak penjelasan berikut yuk.

Penggunaan Much dan many

Sering menemukan 2 kata ini kan? Apa kalian sudah mengerti penggunaannya atau kalian termasuk yang masih sering terbolak-balik? Jadi bedanya, jika ingrin menggunakan many maka kata many harus diikuti countable noun atau bendas yang dapat dihitung. Sedangkan much diikuti dengan uncountable noun atau benda yang tidak dapat dihitung. Biar lebih mudah dipahami, simak contoh ini ya.

  • Wow! You have so many novels in your room!

(Keren! Kamu punya banyak sekali novel di kamarmu!)

  • How much sugar that you want for your coffee?

(Berapa banyak gula yang kamu mau di kopi mu?)

Yang pertama menggunakan many karena novel(s) termasuk benda yang dapat dihitung. Sedangkan nomer 2 menggunakan much karena sugar merupakan benda yang tidak dapat dihitung butir per butir.

Penggunaan Few dan little

Padahal artinya sama-sama sedikit, lalu apa bedanya? Kita menggunakan few jika diikuti dengan kata benda yang daspat dihitung, sedangkan little kita gunakan jika diikuti dengan dengan kata benda yang tidak dapat dihitung. Biar lebih gampang, englishnesia kasih contoh dibawah ya.

  • I need a few ornaments here.

(Aku butuh sedikit hiasan disini)

  • You need a little air to calm yourself.

(Kamu butuh sedikit udara untuk menenangkan diri)

Ornaments merupakan benda yang dapat dihitung, maka dari itu kita menggunakan fewsedangkan contoh kedua air (udara) merupakan benda yang tidak dapat dihitung, oleh sebab itu kita menggunakan little.

Penggunaan Some dan Any

Keduanya sama memiliki arti “beberapa”. Keduanya bisa digunakan dalam kalimat yang menggunakan countable noun maupun uncountable noun. Bedanya,  some digunakan untuk kalimat positif dan kalimat tanya berupa offer (penawaran) dan request (permintaan), sedangkan any digunakan untuk kalimat negatif dan kalimat tanya dalam segala konteks. Englishnesia kasih contoh dibawah ya.

  • Do you have any money left in your wallet?
    (Bpa kamu punya sisa uang di dompetmu?)
  • Give me some clues.
    (Beri aku beberapa petunuk)

Nah itu dia penjelasan mengenai Noun: Countable Noun Dan Uncountable Noun Pengertian, Jenis Dan  Contoh Lengkapnya. Semoga bermanfaat yaa Englishnesian !