Cara Mengajar Anak Membaca dalam Bahasa Inggris - Englishnesia
Cara Mengajar Anak Membaca dalam Bahasa Inggris

Cara Mengajar Anak Membaca dalam Bahasa Inggris

Ferry Dermawan
Ferry Dermawan
30 Oktober 2023

Dalam proses mengajar anak membaca dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa langkah penting yang bisa diikuti. Mulai dari penggunaan metode yang menyenangkan hingga penggunaan materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak, artikel ini akan memberikan panduan lengkap bagi para orangtua atau pengajar untuk mendukung anak dalam mempelajari membaca dalam bahasa Inggris.

Belajar bahasa seperti bahasa inggris memang sebaiknya dilakukan sedari dini karena usia tersebut adalah waktu yang tepat untuk memahami bahasa lebih mudah. Salah satu cara yang biasa Anda lakukan sebagai orang tua adalag memberikan fasilitas pembelajaran seperti mengikuti kursus bahasa Inggris bersertifikat.

Pada usia muda atau kecil, orang tua biasanya memberikan sedikit demi sedikit pembelajaran tentang bahasa Inggris. Seiring berjalannya waktu, anak membutuhkan materi bahasa Inggris yang lebih lengkap dan rumit untuk mengasah kemampuan membacanya.

Cara Mengajar Anak Membaca dalam Bahasa Inggris

Nah berikut ini terdapat cara mengajar membaca bahasa inggris yang bisa Anda ajarkan pada Anak. Mau tahu apa aja? Ini dia penjelasannya.

  1. Gunakan Lagu dan Kata-kata Berirama Cara pertama yang bisa Anda terapkan dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak adalah menggunakan lagu atau kata-kata berirama. Anak akan lebih mudah memahami dan mengingat kata yang memiliki irama. Bernyanyi lagu bahasa Inggris juga akan membantu anak untuk memahami bahasa Inggris dengan lebih mudah.

  2. Membuat Kartu dengan Kata Sederhana Kursus bahasa Inggris bersertifikat biasanya juga menggunakan cara ini untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak. Anda bisa membuat sendiri kartu bergambar dengan kosakata sederhana, seperti nama-nama buah, hewan, anggota tubuh, keluarga dan lainnya.

  3. Bermain Permainan Kata Bermain sambil belajar juga sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran ini. Anda bisa memainkan permainan kata bersama anak menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, mengucapkan kosakata bahasa Inggris yang saling berkaitan, seperti apple, red, fruit.

  4. Membaca Buku Setiap Hari Untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris, Anda bisa mengajak anak lebih banyak membaca buku-buku yang menarik setiap harinya. Misalnya, membaca buku cerita tentang kisah kancil, cinderella, atau cerita menarik lain dengan bahasa Inggris.

  5. Melatih dengan Conversation Cara terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah melatih kemampuan membaca dengan conversation. Latihlah kemampuan anak dengan mengajaknya berbincang menggunakan kosakata sederhana agar anak lebih familiar dengan kata-kata bahasa Inggris.

Itulah cara mengajar anak belajar membaca dalam bahasa inggris. Agar kemampuan anak berbahasa inggris cepat meningkat maka Anda dapat mempercayakannya pada Engslishnesia. Engslishnesia merupakan penyedia kursus bahasa Inggris bersertifikat dengan berbagai jenjang usia dan level kemampuan.