Apa Itu Prefix? Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat - Englishnesia
Apa Itu Prefix? Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat

Apa Itu Prefix? Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat

Elcesa
Elcesa
14 Mei 2024

Ingin tahu lebih dalam tentang prefix dalam Bahasa Inggris? Temukan di sini penjelasan lengkap apa itu prefix.

Penasaran nggak sih, kenapa sih kata-kata dalam Bahasa Inggris itu bisa berubah-ubah artinya hanya dengan nambahin beberapa huruf di depannya? Misalnya unhappy, rewrite, atau disagree. Nah, itulah yang namanya prefix.

Hampir di setiap kalimat, prefix ini muncul. Oleh karena itu, kalau kamu ingin memahami bahasa Inggris, kamu harus paham betul nih, gimana cara kerja prefix. Prefix ini bisa terdiri dari satu atau lebih huruf, dan banyak diambil dari bahasa Latin atau Yunani.

Ada banyak banget prefix yang sering kita gunakan, seperti 'un-' yang berarti 'tidak', 're-' yang artinya 'kembali', 'pre-' buat 'sebelum', dan masih banyak lagi. Penasaran dengan yang lainnya? Yuk, terusin baca artikel ini sampai habis. Let's go explore more about prefix!

Pengertian Prefix

Prefix adalah sekumpulan huruf yang ditambahkan di depan kata dasar dalam bahasa Inggris untuk mengubah makna dari kata tersebut. Misalnya, menambahkan prefix "un-" ke depan kata "happy" mengubahnya menjadi "unhappy," yang artinya kebalikan dari happy, yaitu tidak bahagia. Prefix membantu memperluas kosa kata dan memberikan nuansa baru pada kata-kata yang ada, sehingga memperkaya cara kita berkomunikasi.

Jenis-jenis Prefix

[gambar 4-kompilasi-judul-ecak-08-66458f9e0aee0 di https://drive.google.com/drive/folders/1Ijc9kElZgfAzY5SB8zRz__mKVNG6uB5g]

Contoh Kalimat

  1. Unhappy:

"She felt unhappy after hearing the sad news." (Dia merasa tidak bahagia setelah mendengar berita sedih itu.)

  1. Rewrite:

"The teacher asked him to rewrite his essay to improve clarity." (Guru itu memintanya untuk menulis ulang esainya agar lebih jelas.)

  1. Disappear:

"The magician made the coin disappear with a wave of his hand." (Pesulap itu membuat koin itu menghilang dengan melambaikan tangannya.)

  1. Pretest:

"We need to take a pretest before starting the main course." (Kita perlu mengikuti ujian pendahuluan sebelum memulai kursus utama.)

  1. Misinterpret:

"His comments were misinterpreted as an insult, which caused unnecessary conflict." (Komentarnya disalahartikan sebagai penghinaan, yang menyebabkan konflik yang tidak perlu.)

  1. Redo (prefix "re-"):

"The teacher asked him to redo the assignment because it was incomplete." (Guru itu memintanya untuk mengerjakan ulang tugas itu karena belum lengkap.)

  1. Prevent (prefix "pre-"):

"Washing your hands regularly can help prevent the spread of illness." (Mencuci tangan secara rutin dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.)

  1. Misplace (prefix "mis-"):

"I misplaced my keys somewhere in the house." (Saya salah letak kunci saya di suatu tempat di rumah.)

Semoga penjelasan tentang apa itu prefix, jenis-jenisnya, dan contoh-contoh kalimatnya di artikel ini telah membantu kamu memahami lebih dalam cara kerjanya dalam bahasa Inggris yaa, Englishnesian!